UPTD BPPSDMP Kalimantan Timur Selenggarakan Studi Tiru di Malang, Jawa Timur

Malang, Jawa Timur - UPTD Balai Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dinas Pangan TPH Provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Studi Tiru di Malang, Jawa Timur, pada 11-12 Juli 2024. Acara ini diikuti oleh Kepala Balai UPTD BPPSDMP, Kasi Penyuluhan, Penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara, Sekretaris dan Bendahara Koperasi Produsen Petani Milenial Nusantara, Ketua dan Manajer Pemasaran Koperasi Anugerah Jonggon Lestari, Pendamping Korporasi Kabupaten, serta staf UPTD BPPSDMP.

Pada hari pertama, Kamis (11/7), peserta melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) di Ketindan, Malang. Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Bagian Umum BBPP, Ibu Ema Ernawati, S.E., M.M, beserta staf BBPP lainnya. Pertemuan ini diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam pengembangan sektor pertanian. Selain itu, peserta juga diajak mengunjungi greenhouse yang dikelola oleh BBPP.

Selanjutnya, peserta mengunjungi petani jahe “Ve Gancommodity” di Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Di sana, mereka berdiskusi mengenai budidaya jahe serta teknis kemitraan dan pemasaran. Diharapkan ilmu yang diperoleh dapat menjadi contoh keberhasilan budidaya jahe di Kalimantan Timur.

Pada hari kedua, Jumat (12/7), peserta melanjutkan kegiatan ke Kelompok Tani Waringin Putih di Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung. Kunjungan ini disambut oleh Ketua KTNA sekaligus Wakil Ketua Kelompok Tani Waringin Putih, Bapak Ketut, serta Koordinator BPP Kecamatan Sumber Pucung bersama anggotanya dan Bapak Alex Kinami, Production Manager PT. Syngenta Seed Indonesia. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, kunjungan ke lahan jagung dan tempat pembuatan silase, serta presentasi dari PT. Syngenta Seed Indonesia mengenai kerjasama budidaya jagung.

Harapannya, kegiatan studi tiru ini dapat memperluas pengetahuan dan tetap menjalin komunikasi dengan petani serta pihak terkait di Jawa Timur mengenai budidaya jagung, untuk perencanaan pengembangan sektor pangan khususnya jagung di Kalimantan Timur.


Berita Terkait